Tips Trik Android Terbaru 2017

6 Cara Mengatasi Storage Space Running Out di Ponsel Android

Cara Mengatasi Storage Space Running Out di Android – Storage Space Running Out Merupakan Sebuah pesan atau notifikasi error yang berhubungan pada ruang penyimpan yang bermasalah dikarankan penuh atau hal yang lainnya. Masalah ini kemungkinan juga dapat terjadi di hampir semua ponsel yang berbasis android mulai dari ponsel xiaomi,samsung,lenovo,xperia,oppo, dan lain sebagainya.

Mungkin ponsel yang anda gunakan saat ini juga mengalami hal yang sama, Munculnya sebuah pesan yang tentunya tidak anda  inginkan mau tidak mau harus segera diatasi karena kalau dibiarkan akan menggangu aktivitas dengan ponsel android anda misalnya tidak dapat menginstall aplikasi atau mengirim file pada penyimpan internal yang lagi bermasalah. Baca juga : Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Lalu apa yang menjadi penyebab munculnya notifikasi error tersebut? Nah, penyebabnya sendiri diakibatkan oleh  beberapa hal. Mungkin salah satu penyebab yang dialami oleh ponsel anda ada saat ini ada di bawah ini.

Yang pertama, ruang penyimpanan storage sudah tidak cukup lagi menampung aplikasi. Sehingga yang terjadi ketika anda menginstall aplikasi baru di ponsel anda , karena sudah habis ruang penyimpananya maka yang terjadi akan mucul sebuah notifikasi “Storage Space Running Out”. Saran saya, jika anda mengetahui ada apikasi yang tidak cukup penting atau bahkan tidak digunakan sama sekali, lebih baik anda uninstall saja. Selain karane ruang penyimpanan akan jadi bertambah, beban ponsel android anda juga semakin berkurang.

Selanjutnya, penyebab lainnya bisa jadi dari Cache di ponsel android anda. Peran dari Cache ini adalah sebagai penyimpan log dari aktifitas data aplikasi. Kelebihan Cache ini dapat kita rasakan ketika membuka sebuah aplikasi. Saat kita sering menjalankan aplikasi, dan kemudian membukanya kembali maka prosesnya akan lebih cepat dikarenakan ada Cache yang tersimpan berbeda ketika baru menginstall aplikasi dan pertama kalinya aplikasi tersebut kita buka maka proses membukanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama dikarenakan belum ada Cache sama sekali yang tersimpan.

Dengan kelebihan yang dimilikinya, tentunya ada pula kekurangan yang dimiliki oleh Cache . Diantaranya : Saat ada cache yang tersimpan, maka akan membebani hardware seperti RAM maupun processor, semakin besar Cachenya maka akan semakin besar pula beban yang harus ditanggung kedua hardware tersebut sehingga dapat berakibat pada kinerja ponsel itu sendiri. Langsung saja, berikut cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Storage Space Running Out di Android

  1. Langkah pertama : silahkan anda download dan install aplikasi di playstore yang bernama Clean Master.
  2. Selanjutnya silahkan anda jalankan aplikasi tersebut.  Lalu setelah terbuka anda menjumpai beberapa aplikasi atau game yang pernah anda install sebelumnya. Silahkan hapus aplikasi atau game yang menurut anda tidak begitu penting sehingga akan membuat ruang penyimpanan bertambah.
  3. Berikutnya kita lakukan sebuah panggilan, caranya silahkan masuk ke menu panggilan atau dial lalu masukan sebah kode *#9900# dan kemudian pilih Delete Dumpstep/Logcat. Setelah langkah di atas selesai dilakukan, selanjutnya kita hapus cache yang ingin dihilangkan.
  4. Silahkan anda buka menu setting atau setelah lalu pilih aplikasi/apl/app  kemudian akan muncul daftar aplikasi yang terinstall, silahkan anda pilih aplikasi mana yang ingin dibersihkan cache-nya, jika sudah anda sentuh/pilih aplikasi tersebut kemudian pilih clear cache atau hapus data.
  5. Selesai dan semoga masalah anda teratasi ditandai dengan hilangnya notifikasi Storage Space Running Out.

Saran saya, agar memory internal tidak terlalu banyak menampung aplikasi atau game, maka anda juga dapat memanfaatkan ruang eksternal sebagai penyimpanannya, yakni dengan memindahkan beberapa game/aplikasi ke dalam memori eksternal atau SD Card.

Demikianlah ulasan neotekno.com mengenai Cara Mengatasi Storage Space Running Out di Android xiaomi,samsung,lenovo,xperia,oppo, dan lain sebagainya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda 🙂

6 Cara Mengatasi Storage Space Running Out di Ponsel Android | neotekno | 4.5
Tags : apa itu dumptsep/logcat,cara melacak hp di suatu ruangan,